Banner
edukasi
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 134129
Pengunjung : 28636
Hari ini : 9
Hits hari ini : 38
Member Online : 8
IP : 54.227.104.40
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

alanrm82    
Agenda
21 January 2018
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Tips Aman Mudik Menggunakan Motor

Tanggal : 11-07-2015 10:56, dibaca 128 kali.


Sudah mendekati hari raya Idul Fitri, pasti anda tidak lupa dengan tradisi mudik ke kampung halaman.

Banyak alat transportasi yang di gunakan untuk mudik ke kampung halaman, salah satu nya adalah berkendara dengan motor sendiri.
Motor adalah alat transportasi yang di favoritkan para pemudik.
Mengingat mudik merupakan perjalanan panjang dan mungkin sangan melelahkan.
Sebelum mudik, pastikan tubuh kita dengan keadaan sehat dan siap untuk berkendara dengan aman, berikut adalah tips untuk berkendara aman, dan nyaman saat mudik dengan menggunakan sepeda motor ;

1. Siapkan Mental Tubuh
    Sebelum kita pergi mudik, kita perlu mempersiapkan keadaan tubuh kita dalam keadaan sehat dan siap untuk berpergian jarak mungkin jauh, maka kesehatan itu adalah yang paling utama untuk berkendara dengan aman, dan yakin lah kita sanggup untuk berpergian jarak jauh.

2. Persiapkan kondisi motor 
Selain mempersiapkan tubuh kita, kita juga harus memastikan kondisi kendaraan yang kita akan gunakan dengan keadaan yang baik dan perlu nya kita mengecek terlebih dahulu, seperti Oli yang harus di ganti, Busi motor, Lampu utama yang memadai jangan menggunakan lampu yang dapat merugikan orang lain, Lampu seint dan Stop lamp yang juga perlu untuk komunikasi sesama kendaraan terjaga, Poros ban jangan sampai halus yang dapat membahayakan kita dan pastikan tekanan angin motor dengan cukup jangan berlebihan dan jangan kurang juga, cek juga sistem pengereman kendaraan kita, pengereman itu juga adalah salah satu yang harus kita perhatikan juga loh, dan yang terakhir jangan abaikan kaca sepion, betapa pentingnya sepion saat berkendara yang berfungsi untuk melihat keadaan yang ada di belakang kita saat berjalan, apa lagi pas disaat kita hendak belok, itu seharusnya kita cukup melirik apakah belakang sudah keadaan aman untuk belok, maka jangan abaikan kaca sepion ya.

3. Perlengkapan pengendara
Disaat akan berangkat untuk mudik, kita juga perlu melengkapi diri dengan perlengkapan yang safety, agar kita tetap dengan keadaan sehat juga dan agar tidak mengganggu perjalanan kita. kita perlu persiapkan beberapa perlengkapan seperti berikut :

      >Helm Ber-SNI : Helm adalah perlengkapan Vital untuk menjaga kepala kita dari benda keras atau yang dapat membahayakan kepala kita, dan pakailah helm dengan nyaman, karena kenyamanan dapat mempengaruhi kita saat berkendara, jangan lah memakai yang sempit atau longgar, cukup lah yang pas dengan batok kepala kita.

      >Jaket & sarung tangan :  Jaket dan sarung tangan itu juga sangat perlu, untuk menahan rasa dingin dari udara pada saat malam hari, dan juga menahan rasa panas terik di siang hari, jangan lah pilih yang sangat tebal, cukup lah yang membuat kita nyaman pada saat berkendara, dan perlu nya kita memakai warna yang dapat terlihat oleh kendaraan lain.

       >Pakai lah protector tangan dan kaki : Protector tangan atau kaki juga sebenarnya juga perlu untuk menjaga kaki kita dari benda keras atau pun batu kerikil yang dapat membahayakan kaki atau tangan kita.

      >Pakai lah sepatu yang melebihi mata kaki : Pilihlah sepatu yang melebihi mata kaki kita, untuk menjaga kaki kita terkilir saat kaki turun dari motor atau saat menahan motor.

4. Bawaan atau barang untuk mudik : Barang atau bawaan perlengkapan disana mungkin sangat perlu seperti baju dan perlengkapan disana, jangan lah membawa barang yang sangat banyak, karena sangan mempengaruhi bobot untuk motor yang kita naiki, yang dapat mempengaruhi keseimbangan kita saat mengendarai, bawalah barang yang kita perlu saja dan packing lah dengan sangat simpel agar mempermudah membawa nya.

5. Utamakan keselamatan : utamakan lah keselamatan saat berkendara, jangan lah utamakan kecepatan, karena sanak saudara sudah menunggu di kampung halaman, tidak apalah berkendara pelan yang terpenting adalah selamat sampai tujuan, jangan lah paksakan diri untuk saat berkendara, jika badan terasa letih saat berkendara jauh dan lama, perlu lah kita istirahat untuk mengistirahat kan tubuh kita agar kesegaran atau kesehatan kita terjamin hingga sampai di tempat tujuan.

6. Alat Komunikasi :  Alat komunikasi telepone atau handphone itu sangat penting karena alat komunikasi itu untuk memberi tau keadaan kita kepada keluarga atau pun dalam keadaan darurat pun kita dapat menghubungi posko atau pun yang dapat membantu kita dalam saat berkendara, yang terpenting janganlah menggunakan handphone disaat berkendara, walaupun menggunakan headphone atau headset kita seharusnya tidak lah menggunakannya saat berkendara, karena dapat mengganggu konsentrasi saat kita berkendara.

Yang terpenting adalah ingatlah jangan lah utama kan kecepatan tetapi utamakan lah keselamatan dalam berkendara, dan sampailah dengan selamat sampai tujuan, KEEP SAFETY RIDING
Semoga bermanfaat untuk mudik nanti ^_^ 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas